top of page
  • creokreasi

Tips Sewa Kantor Bulanan yang Murah


Kebanyakan startup awal dan perusahaan yang baru mulai berdiri selalu bermasalah dengan mencari kantor. Karena itu, ada banyak pula yang mengambil hutang atau meminjam dana dalam jumlah besar untuk menyewa kantor. Lebih bahayanya, operasional kantor juga akan memakan biaya yang cukup besar.


Hasilnya, ada banyak perusahaan baru yang tidak siap dengan pengeluaran yang begitu besar tersebut. Hal itu tidak sebanding dengan pemasukan perusahaan yang mungkin lebih kecil ketimbang pengeluaran. Berikutnya, perlahan-lahan perusahaan baru berdiri tersebut akhirnya gulung tikar.


Jadi, kantor pertama untuk perusahaan Anda mesti dipertimbangkan dengan matang agar hal di atas tidak terjadi. Ada beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan agar bisa sewa kantor bulanan yang murah. Berikut beberapa di antaranya.


1. Sewa Ruang Kantor


Hal pertama yang bisa Anda pertimbangkan adalah sewa ruang kantor. Maksudnya, Anda bisa mencari ruang kantor yang sesuai dengan jumlah pegawai Anda. Bila Anda hanya memiliki lima orang pegawai, maka cari ruang kantor untuk 5-6 orang pegawai. Tentunya untuk privasi, Anda bisa mencari ruang kantor yang memiliki ruang terpisah untuk direktur/pemimpin perusahaan.


Ruang kantor ini biasanya disebut serviced office. Ruang kantor akan langsung dilengkapi dengan peralatan kantor, furnitur, dan sejumlah tambahan lainnya seperti resepsionis, penerima surat, telepon dan lain sebagainya. Dengan kata lain, perusahaan yang menyewa ruang kantor ini tidak perlu membayar listrik, air, internet, dan sebagainya. Karena itu, bisa jauh lebih hemat.


2. Virtual Office


Virtual office menjadi jenis kantor kedua yang bisa Anda pertimbangkan. Sebab, virtual office adalah kantor digital, dan bukan fisik. Karena itu, Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk operasional kantor Anda. Sebagaimana kantor fisik, virtual office menjadikan Anda memiliki alamat kantor yang strategis dan meningkatkan kredibilitas perusahaan. Namun, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk perawatan bangunan.


Ditambah lagi, virtual office juga menawarkan sejumlah fitur seperti penerima telepon, penerima barang/dokumen, resepsionis/penerima tamu, dan sebagainya. Jadinya, bila ada barang atau dokumen yang dikirimkan ke alamat kantor Anda, maka Anda akan tetap mendapatkan barang tersebut, karena pengelola virtual office akan mengirim kembali barang yang dimaksud ke alamat Anda.


3. Coworking space


Ini berbeda dengan jenis dua kantor sebelumnya. Coworking space adalah kantor bersama dan desainnya seperti kafe, atau ruang berkumpul. Di ruang ini, sejumlah pekerja dari perusahaan berbeda, freelancer, desainer, fotografer, penulis, dan sebagainya bisa berkumpul dan bekerja di ruangan yang sama.


Tentunya, Anda hanya perlu menyewa ruang. Tidak ada biaya bulanan lain, kecuali Anda menambah dengan akses ke ruang meeting, atau makanan dan minuman. Karena itu, coworking space adalah pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin mendapatkan ruang kerja, banyak relasi, dan sebagainya.


Jadi, Anda bisa melihat jenis perusahaan Anda dan sesuaikan pilihan kantor untuk perusahaan Anda. Tentunya, tiga jenis kantor di atas bisa Anda pertimbangkan sebagai pilihan kantor dengan sewa bulanan yang murah. Tentunya, tidak semua jenis usaha bisa menggunakan ketiga jenis kantor tersebut. Misalnya, perusahaan seperti kontraktor, bangunan, dan media, memilih untuk kantor yang satu ruang khusus. Tentunya, sewa ruang kantor (serviced office) menjadi pilihan yang tepat.


Pekerja seperti blogger, Youtuber, dan desainer, bisa mempertimbangkan untuk bersama-sama rekan-rekan lainnya di coworking space. Sedangkan untuk yang bekerja dari rumah, Anda bisa mempertimbangkan virtual office untuk mendapatkan alamat perusahaan yang bonafid.


Nah itulah dia tadi tips cari sewa kantor bulanan yang murah. Jika anda tertarik mencari kantor di Jakarta yang murah, anda bisa menggunakan jasa sewa kantor Jakarta dari Menara Office.

7 views0 comments
Post: Blog2_Post
bottom of page